Monday 14 November 2016

Soal "Sasaran : Memahami Pandangan Dunia dan Teknik Analisis Struktural Genetik"

Soal dan jawaban ini dibuat dari buku "Metodologi Penelitian Sastra" Karya Suwardi Endraswari

1.  Jelaskan ciri manusia tragik menurut Goldman!
Jawab:
     Menurut Goldman, ada dua ciri manusia tragic. Pertama, manusia menuntut secara mutlak dan eksklusif nilai-nilai yang tidak mungkin. Kedua, karena itu, tuntutannya sekaligus untuk “segalanya dan bukan apa-apa” dan ia secara total tidak peduli terhadap tingkat-tingkat dan usaha pendekatan, serta juga terhadap konsep yang mengandung gagasan mengenai relativitas. Berarti manusia demikian memiliki pengalaman ketuhanan bersifat mistis.

      2. Sebutkan tiga hal yang masih perlu direnungkan bagi peneliti strukturalisme genetic menurut Goldman!
Jawab:
a.       Semua perilaku manusia mengarah pada hubungan rasionalitas, maksudnya selalu berupa respon terhadap lingkungannya;
b.      Kelompok sosial mempunyai tendensi untuk menciptakan pola tertentu  yang berbeda dari pola yang sudah ada;
c.       Perilaku manusia adalah usaha yang dilakukan secara tetap menuju transendesi, yaitu aktivitas, transformasi, dan kualitas kegiatan dari semua aksi sosial dan sejarah.

      3. Jelaskan dua tataran hubungan fakta estetik menurut Goldman!
Jawab:
    Fakta estetik dibaginya menjadi dua tataran hubungan yang meliputi:
a.       Hubungan antara pandangan dunia sebagai suatu realitas yang dialami dan alam ciptaan pengarang.
b.      Hubungan alam ciptaan dengan alat sastra tertentu seperti diksi, sintaksis, plot, gaya bahasa yang merupakan hubungan struktur cerita dipergunakan pengarang dalam ciptaannya.

      4. Apa yang dimaksud model dialektik pada teknik yang digunakan dalam strukturalisme genetik?
Jawab:
    Model dialektik mengutamakan makna koheren. Prinsip dasar teknik analisis dialektik adalah adanya pengetahuan mengenai fakta-fakta kemanusiaan akan tetap abstrak apabila tidak dibuat konkret dengan mengintegrasikan ke dalam totalitas. Sehubungan dengan hal tersebut, metode dialektik mengembangkan dua macam konsep, yaitu “keseluruhan-bagian” danpemahaman-penjelasan”.

      5. Goldman menyatakan bahwa sudut pandang dialektik berbeda dengan sudut pandang rasional dan sudut pandang empirik, mengapa?
Jawab:
    Sudut pandan rasionalis biasanya mengasumsikan adanya gagasan yang berasal dari pembawaan dan secara langsung dapat didekati, sedangkan kaum empirik menyadarkan diri pada kesan inderawi. Dua sudut pandang penelitian ini sama-sama mengharuskan agar ditemukannya pengetahuan secara pasti. Kedua sudut pandang ini memang berbeda dengan sudut pandang dialektik, yang berasumsi bahwa dalam analisis sastra tidak pernah ada titik awal yang secara mutlak valid, tidak ada persoalan yang secara final pasti terpecahkan. Oleh karena itu, pemikiran dialektik tak pernah mengikuti garis lurus. Setiap fakta (sastra) individual hanya bermakna ketika ditempatkan kedalam keseluruhan.

      6. Metode dialektik mengenalkan analisis “pemahaman-penjelasan”. Apa yang dimaksud dengan pemahaman-penjelasan?
Jawab:
   Pemahaman adalah usaha pendeskripsian struktur pbyek yang dipelajari, sedangkan penjelasan adalah usaha penemuan makna struktur itu dengan menggabungkan ke dalam struktur yang lebih besar. Dengan kata lain, pemahaman merupakan langkah untuk mengidentifikasi bagian, dan penjelasan adalah langkah pemaknaan unsure bagian ke dalam unsure keseluruhan.

      7.  Jelaskan langkah-langkah analisis dialektik yang melingkar-lingkar!
Jawab:
    Pertama, peneliti membangun sebuah model yang dianggap memberikan tingkat probabilitas tertentu atas dasar bagian. Kedua, ia melakukan pencekan terhadap model itu dengan membandingkannya dengan keseluruhan (paragraf demi paragraf untuk kasus prosa, baris demi baris untuk kasus puisi, dan ucapan demi ucapan untuk drama) dengan cara menentukan: (a) sejauhmana setiap unit yang dianalisis tergabungkan dalam hipotesis menyeluruh, (b) daftar elemen-elemen dan hubungan-hubungan baru yang tidak diperlengkapinya dalam model semua, (c) frekuensi elemen-elemen dalam hubungan-hubungan yang diperlengkapinya dalam model yang sudah diperiksa itu.

      8. Jelaskan langkah-langkah cara kerja meneliti struturalisme genetic!
Jawab:

    Pertama, peneliti bermula dari kajian unsure instrinsik, baik secara parsial maupun dalam jalinan keseluruhan. Kedua, mengkaji kehidupan sosial budaya pengarang, karena ia merupakan bagian dri komunitas tertentu. Ketiga, mengkaji latar belakang sosial dan sejarah yang turut mengkondisikan karya sastra saat diciptakan oleh pengarang.

No comments:

Post a Comment